Manfaat Buah Carica Dieng

Diposting oleh Aditya Ragil on Jumat, 07 November 2014

Buah Carica

manfaat buah carica


Buah carica adalah tanaman yang berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan, buah ini tergolong dalam kelompok buah pepaya. Buah ini dapat tumbuh didataran tropis, salah satunya adalah negara Indonesia. Masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Di Indonesia buah carica tumbuh subur di dataran tinggi Dieng. 

Dengan kondisi Dieng dengan intensitas hujan yang tinggi serta kondisi cuaca yang dingin dan didukung tanah yang subur, buah carica tumbuh dengan sangat subur. 

Pemanfaatan Buah Carica

Melimpahnya hasil buah carica membuat masyarakat Dieng, Wonosobo mencoba memanfaatkan agar dapat menghasilkan uang. Salah satunya adalah pengolahan menjadi manisan carica.

Sekarang, banyak wisatawan yang mencari produk makanan khas Wonosobo, salah satunya adalah manisan carica. Manisan carica dibuat dari bahan dasar buah carica dengan kondisi segar dan semi matang, agar dihasilkan produk yang sesuai baik soal tekstur maupun rasa. Diolah dengan campuran sirup sari biji carica dan gula.

Manfaat Buah Carica

Beberapa manfaat dari buah carica yang baik untuk tubuh, diantaranya :

1. Melancarkan Proses Pencernaan
    Kandungan enzim papain pada buah carica memang lebih sedikit dibandingan pada buah carica, tetapi kandungan papain ini lebih efektif, karena dapat terserap semua oleh tubuh. Serta dapat membantu proses penyerapan protein yang membuat pencernaan menjadi lancar.

2. Kesehatan Mata
    Vitamin A pada buah carica ternyata lebih banyak dibandingkan kandungan vitamin A pada wortel, hal ini sangat terbukti baik untuk kesehatan mata, terutama rabun jauh.

3. Kesehatan Kulit
    Vitamin C dan E pada buah carica sangat baik untuk kesehatan kulit, selain dapat menagkal radikal bebas juga dapat menghindarkan dari kerusakan sinar UC cahaya matahari. 

4. Sumber Energi
    Vitamin B kompleks juga sangat penting dalam pengaruh metabolisme tubuh, karena dapat menghasilkan sumber energi.

5. Kanker Payudara
    Terkini bahwa dalam buah carica terkandung zat Agrinin, zat ini sangat bermanfaat menghambatnya pertumbuhan sel-sel kanker Payudara.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar