Cara Praktis Membuat Manisan Carica

Diposting oleh Aditya Ragil on Rabu, 27 Agustus 2014

Dataran tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk mencapai daerah tersebut, anda bisa melewati Kota Wonosobo atau Banjarnegara

Cara Membuat Manisan Carica


Carica atau pepaya Dieng oleh penduduk setempat sering disebut gandul Dieng dengan nama latin Carica pubescens atau Carica candamarcensis. Tanaman ini berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan dan mulai dibudidayakan di Indonesia ada masa penjajahan Belanda. Buah Carica ini merupakan tanaman yang hanya tumbuh di dataran tinggi yang bersuhu dingin dan bercurah hujan cukup tinggi. Berbeda dengan Pepaya lain yang cenderung membutuhkan banyak sinar matahari. Yang unik dari buah Carica, buahnya jauh lebih kecil daripada pepaya biasa. Ukuran buahnya hanya sekepalan tangan orang dewasa.


Salah satu minuman yang bisa dijadikan oleh oleh adalah manisan carica , yakni buah carica yang disajikan dengan campuran sirup, dan dikemas dalam botol dan rasanya sangat khas. Proses pemasakan carica oleh semua produsen adalah serupa, bahkan serupa juga dengan pemasakan buah lain dalam sirup, seperti buah salak, mangga dan nanas.

Bagi yang ingin membuat sendiri berikut ini resep pembuatanya :

Bahan :
- 2 kg buah carica yang sudah matang kupas
- 1/2 kg gula pasir ( atau sesuai selera)
- 3 liter air

Cara Membuat :

1. Pertama-tama buah carica dikupas terlebih dahulu tentunya, dipotong memanjang dari atas ke bawah (ukuran irisan sesuai selera), pisahkan daging buah dari biji dan serat-serat di antara biji dan dagingnya. Biji boleh dibuang, namun serat-serat cukup dipisahkan dan dicuci.

2. Selanjutnya daging buah dicuci, lalu direndam kurang lebih selama 15 menit dalam air kapur lenjet (kapur lenjet dilarutkan dalam air hangat). Ini bertujuan untuk mengeluarkan semua getah dari buah carica. Jangan lupa bungkus tangan dengan plastik saat mengupas karena buah carica sangat bergetah.

3. Setelah 15 menit buah carica dicuci hingga bersih. Rebus buah carica dalam air. Banyaknya air sesuai selera. Nantinya air ini yang akan menjadi kuah manisan.

4. Jika telah mendidih, masukkan gula pasir (sesuai selera) serat-serat yang telah dicuci agar aroma dan wanginya lebih terasa. Aduk pelan-pelan hingga gula melarut rata.

5. Angkat jika buah sudah empuk. Maka jadilah manisan carica. Mudahkan? Manisan carica lebih enak dihidangkan dingin-dingin. Sebaiknya disimpan di dalam lemari es, dan dihidangkan bersama es batu.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar